3/27/2010

Coding (Visual Basic .NET) Basic I

Sebelum memasuki tutorial untuk menjadi programmer atau istilah populernya developer harus dipahami apa itu developer?apa itu coding?apa itu programmer?. Developer adalah seseorang atau beberapa orang yang bergabung membuat sebuah sistem, coding dalam bahasa indonesia disebut kode yang diartikan metode untuk menggambarkan simbol dalam bit biner (dalam sistem ASCII ataupun BCD), tahapan menterjemahkan data atau pemecahan masalah yang telah dirancang ke dalam bahasa pemrograman yang telah ditentukan. Programmer adalah seseorang yang menterjemahkan bahasa pemrograman menjadi bahasa mesin.

Untuk menjadi programmer atau developer lebih baik diharuskan mengetahui dasar dari algoritma, sistem operasi, dan basis data, karena tanpa mengetahui sistem dasar algoritma dan sistem operasi pembuatan software akan kurang sempurna dan tidak efisien.

Algoritma digunakan untuk memecahkan permasalahan didalam matematika dan komputer sains yang menggunakan instruksi susunan terbatas. skema contoh dari algoritma ditunjukkan pada gambar 1.1:

1.1 lamp flowchart

Algoritma dapat diekspresikan dalam banyak jenis notasi termasuk bahasa standar, pseudocode, flowchart, bahasa pemrograman atau tabel kontrol (diproses oleh interpreter).
1.2 animasi dari quicksort algorithm
Didalam sistem komputer algoritma adalah dasar dari sebuah logika instansi yang ditulis oleh developer didalam perangkat lunak. contoh algoritma dalam bentuk pernyataan CASE :

CASE 1: IF today's date is NOT Friday THEN exit this CASE instruction ELSE
CASE 2: IF today's date is Friday AND the document is located at 'D:/My Documents' AND there is paper in the printer THEN print the document (and exit this CASE instruction) ELSE
CASE 3: IF today's date is Friday AND the document is NOT located at 'D:/My Documents' THEN display 'document not found' error message (and exit this CASE instruction) ELSE
CASE 4: IF today's date is Friday AND the document is located at 'D:/My Documents' AND there is NO paper in the printer THEN (i) display 'out of paper' error message and (ii) exit.

Note that CASE 3 includes two possibilities: (i) the document is NOT located at 'D:/My Documents' AND there's paper in the printer OR (ii) the document is NOT located at 'D:/My Documents' AND there's NO paper in the printer.
The sequence of IF-THEN-ELSE tests might look like this:


TEST 1: IF today's date is NOT Friday THEN done ELSE TEST 2:

TEST 2: IF the document is NOT located at 'D:/My Documents' THEN display 'document not found' error message ELSE TEST 3:
TEST 3: IF there is NO paper in the printer THEN display 'out of paper' error message ELSE print the document.

 Artikel lengkapnya silahkan download.

Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak yang bekerja sebagai antar muka pada perangkat keras. OS (Operating System) bertanggung jawab atas manajemen dan koordinat dari proses dan pembagian dari sumber daya perangkat keras.
Artikel lengkap silahkan download

Bahasa Pemrograman atau Language Programming adalah bahasa yang menterjemahkan bahasa tertinggi menjadi bahasa mesin. Jenis dari bahasa pemrograman sangat banyak, tergantung dari kecocokan kita dan kesukaan kita, semisal VB (Visual Basic), C, C# (C Sharp), C++, Assembler, dll. 


Sekian dahulu coret-coret nya, terima kasih atas perhatiannya silahkan tunggu tutorial selanjutnya....


Bset Regards

 

0 comments:

Post a Comment