4/29/2010

Coding (Visual Basic .NET) Basic II

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Setelah beberapa hari tidak berkutat di depan komputer, tutorial tentang coding saya lanjutkan, kemaren pada tutorial yang pertama telah saya singgung untuk menjadi seorang programmer kudu mengerti beberapa hal, silahkan buka halaman Coding (Visual Basic .NET) Basic I. Sekarang kita lanjut tentang pemahaman Visual Basic disingkat VB. Visual Basic adalah Bahasa pemrograman yang bersifat even driven. Visual Basic dalam Visual Studio  .NET dalam hal konsep OOP sama dengan bahasa pemrograman yang lain yang di-induk semang oleh Microsoft Visual Studio .NET seperti :

1. Obyek
Obyek (Object) dalam Visual Basic .NET adalah elemen dasar dari konsep pemrograman berorientasi obyek adalah obyek. Obyek merupakan dasar dari entitas run-time dalam suatu sistem berorientasi obyek.
2. Class
Class adalah suatu koleksi dari obyek-obyek yang bertipe sama. Class merupakan cetak biru (blueprint) atau template atau spesifikasi dari obyek.
3. Method
Method adalah suatu tindakan yang dilakukan obyek, sedangkan event adalah pemberitahuan yang diterima oleh obyek atau dikirimkan ke obyek atau aplikasi lain.
4. Field
Field adalah informasi atau atribut yang terdapat dalam suatu obyek. Bentuk field mirip dengan variabel yaitu dapat dibaca can diset langsung.
Contoh tentang class pada Visual Basic.

Class MOTOR
        Dim nama_motor As  String = "Jupiter"
        Dim usia_motor As Byte = 2
        Public Sub Isi_Motor()
             'Kode program....
        End Sub
End Class


5. Property
Property adalah informasi (atribut) yang dapat disimpan dalam suatu obyek. Property dapat dideklarasikan dengan menggunakan variabel public atau method property.
Contoh tentang property


Public Class MOTOR
       'Variabel untuk memasukkan berat motor
       Private Berat As Single
       Public Property Kondisi () As Single
           Get
                  Return Berat
           End Get
           Set (ByVal Value As Single)
                Berat = Value
           End Set
End Sub

 Didalam Visual Basic juga terdapat Abstraction, Inheritance, Polymorphism, Encapsulation yang digunakan sebagai fitur-fitur pendukung konsep OOP. Dalam konsep OOP juga terdapat Constructor dan Destructor, yang Constructor merupakan prosedur yang mengontrol nilai awal obyek baru dan akan dipanggil terlebih dulu sebelum kode-kode lainnya dalam suatu class.
 Contoh Constructor


Public Sub New (ByVal Nama As String)
     MyBase.New
     XNama = Nama

     Proses_Data()
End Sub

Destructor sendiri merupakan prosedur dalam suatu class yang digunakan untuk membersihkan lokasi memori dimana ia melakukan task lainnya yang harus diselesaikan  sebelum obyek dimusnahkan. Destructor sendiri menggunakan dua metode destructor :
a. Subrutin Finalize()
Subrutin Finalize() akan dipanggil secara otomatis oleh .NET Framework jika ditempatkan didalam class.
 contoh :

Protected Overrides Sub Finalize()
       'Tempat class untuk membersihkan memori
       MsgBox("Class untuk membersihkan memori")

       'Memanggil class MyBase Finalize
       MyBase.Finalize()
End Sub

b. Subrutin Dispose()
Subrutin Dispose() tidak akan dipanggil secara otomatis oelh .NET Framework. Oleh karenanya aplikasi harus memanggil subrutin ini sebelum menghancurkan obyek.
Contoh:

Protected Overrides Sub Dispose(ByVal Disposing As Boolean)
      'Tempat class untuk menghapus point tertentu
      MsgBox("Class untuk menghapus point tertentu")

      'Memanggil class MyBase Dispose
      MyBase.Dispose
End Sub

Sekian dulu untuk postingan kali ini, semoga postingan ini bermanfaat bagi saya dan yang membaca, pembahasan ini akan saya lanjutkan insyaAllah apa postingan selanjutnya.

Best Regards

Wassalamua'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

0 comments:

Post a Comment