7/15/2010

Touring Ke MARS Bersama Microsoft dan NASA

Saat ini, Microsoft Research dan NASA menyediakan pengalaman yang sama sekali baru untuk pengguna WorldWide Telescope, yang akan memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dengan dan menjelajahi tata surya kita tidak seperti sebelumnya. Pemirsa sekarang dapat mengambil tur interaktif planet merah, mendengar langsung dari para ilmuwan NASA, dan melihat dan menjelajahi paling lengkap, cakupan resolusi tertinggi yang tersedia Mars. Untuk pengalaman Mars dari dekat, Microsoft dan NASA mendorong pemirsa untuk men-download WWT baru | pengalaman Mars di http://www.worldwidetelescope.org.
Dan Fay, direktur Microsoft Research Bumi, Energi dan Lingkungan usaha, bekerja dengan para ilmuwan di seluruh dunia untuk melihat bagaimana teknologi dapat membantu memecahkan tantangan penelitian mereka. Sejak awal 2009, dia telah bekerja dengan NASA untuk membawa citra dari agensi Bulan Mars dan misi hidup, dan untuk membuat volume informasi yang sangat berharga lebih mudah diakses kepada massa.
"Kami ingin membuatnya lebih mudah bagi orang-orang di mana-mana, serta para ilmuwan, untuk mengakses gambar unik dan berharga," kata Fay. "NASA memiliki gambar dan mereka terbuka untuk cara baru untuk berbagi. Melalui WorldWide Telescope kami mampu membangun user interface di WWT | Mars yang akan memungkinkan orang untuk mengambil keuntungan dari konten hebat mereka. "Untuk menciptakan pengalaman Mars baru di WorldWide Telescope, Fay bekerja sama dengan Michael Broxton dari NASA Ames Research Center Intelligent Robotika Group (IRG). Broxton memimpin sebuah tim di IRG informal disebut Pemeta, yang menerapkan visi komputer dan pengolahan citra untuk masalah kartografi. Selama bertahun-tahun, yang Pemeta telah mengambil gambar satelit dari Mars, bulan dan tempat lain, dan berbalik menjadi peta berguna. Broxton mengatakan bahwa mendapatkan hasil kerja NASA ke publik merupakan bagian penting dari misinya."NASA memiliki sejarah menyediakan masyarakat dengan akses ke citra pesawat ruang angkasa kita," katanya. "Dengan proyek seperti WorldWide Telescope, kami sedang berupaya untuk menyediakan akses yang lebih besar sehingga generasi masa depan para ilmuwan dapat menemukan ruang dengan cara mereka sendiri."
Ini adalah misi tim Fay di Microsoft untuk mendorong batas-batas teknologi dalam pelayanan penemuan ilmiah dan memajukan keadaan seni dalam ilmu komputer secara keseluruhan. Dia menjelaskan bahwa pendekatan untuk proyek Mars WorldWide Telescope adalah untuk memberikan informasi di ujung jari Anda. Dengan demikian, Fay mengatakan WorldWide Telescope adalah sebanyak proyek penelitian sebagai layanan Web - salah satu yang mengakibatkan bintang benar-benar pengalaman bagi pengguna.
"Kami mampu mengambil gambar dari NASA, mengkombinasikannya dengan model elevasi dan berbaring mereka ke dunia permukaan Mars," kata Fay. "Sekarang pengguna dapat memperbesar WorldWide Telescope bawah dan benar-benar mengalami tingkat detail permukaan Mars. Mereka dapat panci kembali dan melihat puncak kawah atau kedalaman lembah. Pengalaman Mars baru memungkinkan orang merasa seolah-olah mereka benar-benar ada. "
Untuk mendapatkan gambar tersebut ke publik dengan cara yang baru, tim menetapkan tujuan ambisius untuk mengambil semua gambar HiRISE, 13.000 atau lebih, dan jahitan mereka ke peta tunggal yang koheren. Sementara HiRISE hanya mengambil gambar sekitar 1 persen dari Mars, meninggalkan daerah yang luas Mars masih harus dieksplorasi, semua gambar HiRISE kini telah geolocated di peta tunggal, dan berkorelasi dengan data lainnya set global Mars. Dihiasi dengan gambar HiRISE diperoleh sejauh ini, peta ini koheren baru ini adalah peta dengan resolusi tertinggi permukaan Mars yang pernah dibangun.
"Tidak hanya itu akan luar biasa bagi masyarakat umum untuk melihat, tapi itu sebenarnya sesuatu yang ilmuwan tidak pernah mampu melihat sebelumnya," kata Broxton. "Ini prestasi tertentu tidak pernah berusaha."
Alasan untuk itu, katanya, merupakan tantangan teknis di balik proyek. Resolusi gambar sangat tinggi dan file begitu besar bahwa NASA telah mengunyah data mentah selama tiga tahun sekarang. Bagi siapa pun yang pernah mencoba untuk mengedit gambar dari kamera digital dan memiliki komputer spin di atasnya selama beberapa detik, kalikan dengan 100, atau lebih. Dan kemudian kalikan jumlah gambar dengan 13.000. Kalikan jumlah tugas dari selusin lain dan Anda dapat mulai melihat mengapa proses belum pernah dicoba. Nebula Broxton leverage, high-performance komputasi awan NASA, untuk memproses data gambar. Pada intinya, mosaik HiRISE mengambil 14 hari untuk proses pada CPU 114 dan merupakan seluruh koleksi yang telah diambil oleh kamera mengorbit pada Mei 2010.
"Ini adalah arsip yang sangat diperlukan informasi, tetapi tidak sangat mudah untuk mengakses kecuali Anda memiliki banyak keahlian dalam pengolahan data," kata Broxton. "Nebula memungkinkan kami untuk mengambil data, proses menjadi sebuah format yang sesuai untuk WorldWide Telescope, dan kemudian membuat katalog seluruh informasi Mars NASA tersedia di desktop di seluruh dunia melalui WorldWide Telescope."
Gambar sendiri berada di atas awan Nebula di NASA Ames Research Center, dekat San José, California. Fay mengatakan hosting offsite data tidak pendekatan baru, melainkan yang memungkinkan WorldWide Telescope menggunakan citra dari hanya tentang siapa pun. Berkat keajaiban awan, citra lainnya pada situs hosting di pusat data Microsoft di seluruh dunia. Hubble tinggal di Baltimore. California Institute of Technology di Pasadena. 

Apakah anda tertarik tour ke Mars?

Sumber : www.nasa.gov

0 comments:

Post a Comment